Pages

Jumat, 03 Juni 2016

CARA MENURUNKAN VOLUME BANGUN RUANG



BANGUN RUANG
CARA MENURUNKAN RUMUS VOLUME BANGUN RUANG
Sebagai Pemenuhan Tugas Pendidikan Matematika dengan Dosen Pengampu
Dra. Titik Sugiarti , M.Pd dan Fajar Surya Hutama, S.Pd, M.Pd

Oleh
Kelompok 8 :
                   Dewi Afiatun Hasanah          (150210204001)
                   Ulfa Nur MAhmudah            (150210204021)
                   Iva Sisviana                            (150210204088)
                   Alfiatun Mutammimah         (150210204111)
                   Fifi Dwi Setia Rini                  (150210204137)
Kelas B

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat Dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Cara Menurunkan Rumus Volume Bangun Ruang” ini dengan sebaik-baiknya.
Kami sadar bahwa makalah ini tidak dapat terselesaikan dengan baik tanpa bantuan dosen pengampu, rekan-rekan dan pihak-pihak yang telah membantu baik secara moril maupun spiritual. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih. Dan harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
“Tiada Gading yang tak Retak” pepatah itulah yang mewakili ungkapan perasaan kami bahwa makalah ini jauh dari sempurna, maka kiranya kritik dan saran sangat kami nanti dari para pembaca.
               





                                                                                               
Jember, 24 Pebruari 2016       

                                                                                                 Penyusun




DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR………………………………………………………… i
DAFTAR ISI………………………………………………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakang……………………………………………………. 1
1.2  Tujuan……………………………………………………………... 1
BAB II PEMBAHASAN
            2.1 Pengertian Bangun Ruang………………………………………… 2
            2.2 Macam-macam Bangun Ruang…………………………………… 2
            2.3 Pengenalan Bangun Ruang……………………………………….. 2
            2.4 Contoh Soal Bangun Ruang……………………………………… 11
BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan………………………………………………………. 18
DAFTAR PUSTAKA





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LatarBelakang
Pengetahuangeometridapatmengambangkanpemahamananakterhadapduniasekitarnya. Tidakhanyakemampuantentangbangundatar, kemampuantentangbangunruangpundapatdikenalkankepadaanakusiaSekolahDasarbahkanpadaanakusia Taman Kanak-kanakasalkanmelaluipendekatan yang cocokdenganperkembangantahapberfikirseoranganak.
Kemampuan bangun ruang akan membantu anak memahami,menggambarkan, atau mendekripsikan benda-benda di sekitar anak.Anak akan lebih tertarik untuk mempelajari geometri jika mereka terlihat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan individu atau kelompok berkenaan dengan geometri (bangunan-bangunan). Anak hendaknya diberi kesempatan untuk melakukan inventigasi secara individu atau kelompok dengan bantuan benda - benda kongkret di sekitar anak.

1.2  Tujuan
Untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan rumus bangun ruang.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Volume Bangun Ruang
Volume adalah suatu ukuran yang menyatakan besar suatu bangun ruang. Mengukur volume berarti membandingkan besar sesuatu dengan sesuatu yang mempunyai besar tertentu, yaitu sesuatu bangun ruang yang menjadi patokan yang disebut satuan volume (volume satuan). Pada umumnya yang digunakan sebagai patokan satuan volume (satuan) untuk mengukur volume bangun ruang adalah kubus (kubus satuan) yang rusuknya mempunyai panjang satu satuan.
Bangun ruang merupakan bangun matematika yang memiliki isi atau volume. Bisa juga disebut bagian ruang yang dibatasi oleh himpunaan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut. Permukaan bangun itu disebut sisi.
Sisi merupakan bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan di sekitarnya, Rusuk merupakan pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis pada bangun ruang sedangkan Titik sudut adalah titik dari hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.
Pada umumnya bangun ruang yang telah kita kenal adalah balok, kubus, prisma, limas, kerucut, dan tabung. Pada setiap bangun ruang tersebut mempunyai rumusan dalam menghitung luas maupun isi/volumenya.

2.2 Macam-macam Bangun Ruang
            1. Kubus
            2. Balok
            3. Prisma
            4. Limas
            5. Kerucut
            6. Tabung

Sebelum secara panjang lebar dijelaskan mengenai macam-macam volume bangun ruang, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa sifat volume dansatuan volume yang digunakan secara internasional, yaitu sebagai berikut:
1.      Volume bersifat penjumlahan, artinya volume keseluruhan sama dengan jumlah dari volume bagian-bagiannya.
2.      Jika bangun ruang R = bangun ruang S, maka volume bangun ruang R samadengan volume bangun ruang S.
3.      Jika bangun ruang dipotong-potong kemudian disusun sehingga membentuk bangun ruang yang lain, maka dua bangun tersebut mempunyai volume yang sama..
4.      Volume bersifat penjumlahan, artinya volume keseluruhan sama dengan jumlah dari volume bagian-bagiannya.
5.      Jika bangunruang R = bangun ruang S, maka volume bangun ruang R sama dengan volume bangun ruang S.
6.      Jika bangun ruang dipotong - potong kemudian disusun sehingga membentuk bangun ruang yang lain, maka dua bangun tersebut mempunyai volume yang sama..

2.3 Pengenalan Bangun Ruang
1. Kubus
Untuk menghitung volume kubus sepertigambar dibawah ini, dengan menggunakan kubus satuan.Kubus satuan dimasukkan kedalam rongga kubus sampai tepat mengisi penuh balok tersebut kemudian dihitung berapa banyak kubus satuan yang dapat memenuhi balok.
Pada gambar disamping untuk memenuhi kubus terdapat 8 kubus satuan agar kubus dapat terpenuhi, maka volume kubus adalah 8 satuan yang terdiri dari 2 kubus satuan untuk panjang, 2 kubus satuan untuk lebar, dan 2 kubus satuan untuk tinggi

               
Pada kubus kedua dengan sisi-sisinya memiliki panjang 4 cm, berapa volume kubus tersebut ? Untuk mengetahui volume kubus tersebut, apabila kkita isikan kubus kecil dengan panjang sisi 1               cm, ada berapa kubus kecil yang mengisikubus besar tersebut?
      Kita dapat melakukan percobaan untuk mengetahui, berapa banyak kubus kecil mengisi kubus besar tersebut. Apabila kita lakukan percobaan, maka kita akan mendapatkan bahwa ada 64 kubus kecil yang mengisi kubus besar tersebut. Dengan demikian kita katakan bahwa volume kubus dengan panjang sisi 4 cm adalah 64 satuan volume, dengan satuan volume yang dimaksud adalah volume kubus dengan panjang sisi 1cm.
Dari penjelasan diatas dapat dituliskan kedalam tabel berikut:

Isi
Panjang (a/rusuk)
Lebar (a/rusuk)
Tinggi (a/rusuk)
Volume (isi) = a x a x a = a3
8
2
2
2
8
64
4
4
4
64

Maka dapat dikatakan bahwa rumus dari volume kubus yaitu:
Rumus volume kubus
V = s3 yang dimana rumus tersebut diperoleh dari V= s x s x s.



2. Balok
Pada bangun ruang yang disebut balok kita akan mengenal yang namanya panjang, lebar, dan tinggi. Agar tidak terjadi suatu kerancuan dengan ketiga istilah tersebut maka kita perlu membuat batasannya. Istilah panjang dan lebar dipakai sebagai ukuran untuk sisi-sisi yang terdapat pada balok, sedangkan tinggi digunakan sebagai ukuran dari sisi yang tegak lurus alas, untuk memudahkan pemahaman maka balok digambar secara tegak dan alas dari balok merupakan bidang datar yang ada dibawah. Panjang menyatakan ukuran sisi pada alas balok yang lebih besar dari sisi yang lain, dan ukuran sisi yang lain disebut lebar.
Lebih jelasnya, perhatikan gambar.
Balok pada gambar dinamakan balok ABCD.EFGH. Alas balok adalah bidang persegi panjang ABCD dan tinggiya adalah sisi AE atau BF atau CG atau DH. Jika ukuran dari sisi Ab lebih besar dari ukuran sisi BC maka ukuran dari sisi AB disebut panjang, dan ukuran dari sisi BC disebut lebar. Volume dari suatu balok yang panjang, lebar, dan tinggi berturut-turt p, l, t satuan panjang adalah ( p x l x t ) satuan panjang kubik.
                                                                                                               

Dengan :
            V  adalah volume dari balok
            p  adalah panjang balok         
            l  adalah lebar balok
            t  adalah tinggi balok 
            Satuan dari panjang, lebar, dan tinggi haruslah sama, sedangkan, hasil kali ( p x l ) satuan panjang kuadrat menyatakan luas dari alas balok.
Bukti untuk memudahkan pembuktian, kita misalkan satuan dari panjang, lebar,
dan tinggi adalah sentimeter. balok kita namakan dengan ABCD. EFGH ditutup dengan kubus satuan  (kubus sentimeter). Alas balok ditutup  dengan p lajur yang setiap lajur terdiri dari 1 buah kubus satuan. Berarti unutk menutupi alas balok diperlukan kubus satuan sebanyak (p x l ) buah. Jadi, untuk menutupi balok ABCD.EFGH diperlukan kubus sebanyak.
Untuk menghitung volume balok seperti gambar disamping, dengan menggunakan kubus satuan.Kubus satuan dimasukkan kedalam rongga balok sampai tepat mengisi penuh balok tersebut kemudian dihitung berapa banyak kubus satuan yang dapat memenuhi balok.
Selanjutnya pada gambar balok yang lain terdapat 8 kubus satuan yang dapat memenuhi balok pada balok terdapat 16 kubus satuan untuk memenuhi balok tersebut. 
Kemudian pada percobaan kedua terdapat 24 kubus satuan yang dapat memnnuhi balok, dengan panjang balok 4 kubus satuan, lebar 2 kubus satuan, dan tinggi 3 kubus satuan. Maka jumlah kubus yang memenuhi balok yaitu 24 kubus satuan.           
Dari beberapa penjelasan diatas dapat dituliskan kedalam tabel berikut:

isi
Panjang (p)
Lebar (l)
Tinggi (t)
Volume (p x l x t)
8
4
2
1
8
24
4
2
3
24

Dari tabel diatas terdapat hubungan antara panjang (p), lebar (l), tinggi (t) serta volume (v), yaitu untuk mencari volume balok adlah dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi. Dengan demikian dapat dituliskan bahwa:
                                                                                            
Vbalok= p x l xt
 


3. Prisma
Perhatikangambarbangunruangberikut?
Bangun-bangun ruang di atas semuanya mempunyai dua bidang yang sejajar serta bidang-bidang lainnya berpotongan menurut garis-garis yang sejajar. Bangun-bangun ruang seperti inilah yang dinamakan prisma. Jadi prisma adalah bangun ruang yang memiliki sepasang bidang sejajar dengan konguren yang merupakan alas dan tutup. Sedangkan bidang-bidang lainnya diperleh dengan menghubungkan titik-titik sudut dari dua bidang yang sejajar.
Jenis prisma ada beberapa macam yang diberi nama sesuai bentuk alas prisma.
Contohdarigambardiaatas:
a.    Prismasegiempat, karenakeduabudang yang sejajarberupasegiempat
b.    Prismasegi lima
c.    Prismasegitiga
Jika kita perhatikan semua prisma (a), (b), (c) mempunyai rusuk-rusuk yang tegak. Prisma seperti ini dinamakan prisma tegak. Sebaliknya jika kita perhatikan gambar prisma (d) mempunyai rusuk-rusuk tidak tegak lurus dengan alas dantutupnya. Prisma seperti ini dinamakan prisma miring. Tetapi untuk kali ini kita akan membahas prisma tegak saja.
Rumus Volume Prisma = panjang x lebar x tinggi
Membuktikan rumus volume prisma dengan menggunakan :
1.      Prismategaksegitigasiku-siku
 
Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa prisma tegak segitiga siku-siku merupakan hasil dari membelah balok menjadi dua bagian yang sama besar dimana perpotongan tersebut di ambil dari diagonal bidang ruangnya.
Dari fakta diatas diperoleh bahwa :
Volume prisma tegak segitiga siku-siku =  1/2 x volume balok
Volume prisma tegak segitiga siku-siku = 1/2  x p x l x t
Volume prisma tegak segitiga siku-siku = (1/2 x p x l) x t
Volume prisma tegak segitiga siku-siku = Luas alas x t
Jadi volume prisma tegak segitiga siku-siku adalah  Lalas x t

4. Limas
            Sekarang perhatikan bangun-bangun ruang di bawah ini!
Bangun-bangun ruang di atas memiliki satu bidang sebagai alas, sedangkan bidang-bidang lainnya berbentuk segitiga yang bertemu pada satu titik puncak. Bangu ruang seperti iniah yang dinamakan limas.Bangun-bangun ruang di atas memiliki satu bidang sebagai alas, sedangkan bidang-bidang lainnya berbentuk segitiga yang bertemu pada satu titik puncak.
Sama seperti dalam menurunkan rumus volume prisma, untuk membuktikan volume limas dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1.      Cara Induktif Pertama
Untuk membuktikan volume limas secara induktif, dilakukan dengan peragaan menakar. Dalam peragaan menakar ini akan digunakan penakar sebuah sebarang limas untuk menakar prisma pasangannya. Yang dimaksud dengan prisma pasangannya adalah prisma yang alasnya kongruen dengan alas limas dan tingginya sama dengan tinggi limas. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
Dari hasil menakar, kita mendapatkan bahwa prisma terisi penuh dengan 3 kali takar dari limas. Dengan kata lain, volume prisma sama dengan 3 kali volume limas. Dapat diformulasikan sebagai berikut:
Vprisma = 3 x Vlimas
Vlimas  =  1/3 x Vprisma
Telah diketahui bahwa volume prisma adalah Lalas x t, maka
Vlimas 1/3 x Lalas x t
Jadi, volume limas adalah Vlimas = 1/3 x Lalas x t
2.      Cara Induktif kedua
Untuk cara induktif yang kedua kita menggunakan sebuah kubus yang didalamnya memiliki empat buah diagonal ruang yang saling berpotongan di titik O. jika diamati dengan baik maka kita akan mengetahui bahwa di dalam kubus tersebut terdapat 6 buah limas segiempat yaitu limas persegi : O.ABCD , O.EFGH , O.ABFE , O.BCGF , O.CDHG dan O.DAEH. Dengan demikian, volume kubus ABCD.EFGH merupakan gabungan volume ke-6 limas tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
 



Penguraiannya sebagai berikut :
Misalkan panjang rusuk kubus = s
Vkubus = 6 x Vlimas
Vlimas  = 1/ 6  x Vkubus
Karena volume kubus = S3, maka
Vlimas   1/6 x S3
Vlimas   1/6 x s x s x s
Vlimas   1/6 x s2 x s
Vlimas   1/6 x s2 x 2s/s
Vlimas  1/3 x 2 x s2 x 1/2s
Vlimas  1/3 x s2 x 1/2s
Karena S2 merupakan rumus dari luas persegi (alas) dan  adalah tinggi limas, maka
Vlimas  = 1/3 alas  x t
Seara umum dapat disimpulkan bahwa volume limas adalah  luas alas x tinggi
5. Kerucut
            Volume kerucut dapat dianggap sebagai limas dengan alas lingkarang, sehingga rumus volume limas juga berlaku untuk volume kerucut. Melalui penjelasan dalam proses pembelajaran seperti diatas, denagn mudah kita mendapatkan rumus volume kerucut, yaitu sebagai berikut :
Suatu kerucut dapat dianggap sebagai limas dengan alas lingkaran, sehingga rumus volume limas juga berlaku untuk volume kerucut.
Volum kerucut = volume limas
(luas alas kerucut = luas lingkaran = )
Volume kerucut         = volume limas
            =  luas alas x tinggi
            = 2t ( luas alas kerucut = luas lingkaran = r2 )
Atau menggunakan tabung
Disini, kita juga membuktikannya melalui peragaan dengan menakar menggunakan kerucut dan tabung pasangannya.
Yang dimaksud dengan tabung pasangan disini adalah tabung yang luas alas dan tingginya sama dengan kerucut. Perhatikan gambar di bawah :

 
Dari hasil penakaran yang pernah dilakukan (boleh dibuktikan sendiri dirumah), ternyata isi tabung sama dengan 3 kali isi kerucut. Itu berarti bahwa volume tabung sama dengan tiga kali volume kerucut.sehingga :
Teorema Kerucut
Volume (V) dari kerucut dengan jari-jari alasnya r dan tinggi t adalah 
V = r2t





6. Tabung
           
Pada gambar ditas menunujukan gambar sebuah tabung. Jika gambar a dibuka maka diperoleh gambar b. Dari gambar b diperoleh 2 buah lingkaran yang sama dalam bentuk dan ukurannya serta sebuah selimut tabung.
Jadi unsur-unsur dari sebuah tabung masing-masing terdiri dari 2 lingkaran yang sama dengan selimut tabung.
Volume tabung
Untuk membuktikan volume tabung, dapat dilakukan beberapa cara di antaranya sebagai berikut :
 
Cara Induktif
Disini kita pandang bahwa tabung adalah prisma tegak segi-n beraturan dengan “n” tak terhingga. Oleh karena itu, kita akan memperoleh :

 
 



BAB III
PEBUTUP
3.1 Kesimpulan
Bangun ruang adalah bangun matematika yang mempunyai isi ataupun volume.Bagian-bagian bangun ruang :
1. Sisi:  bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan di sekitarnya.
2.      Rusuk:  pertemuan dua sis yang berupa ruas garis pada bangun ruang.
3.      Titik sudut: titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.
Jenis-jenis bangun ruang yang umum dikenal adalah:
      1.      Balok
      2.      Kubus
      3.      Prisma
      4.      Limas
      5.      Kerucut
      6.      Tabung








DAFTAR PUSTAKA
BUKU UT ( MUCHTAR ABDUL KARIM, dkk), Pendidikan Matematika


 

0 komentar:

Posting Komentar